Sabtu, 03 Januari 2015

Stencyl, aplikasi pembuat game flash gratis.

Hai kawan! /hihi
Sekarang saya akan membahas seputar pembuatan game yang mudah untuk dipelajari, tanpa harus memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman.


Ada banyak software yang bisa kita pergunakan untuk membuat game, satu diantaranya adalah STENCYL. Stencyl adalah sebuah perangkat lunak komputer yang bisa didapat dengan gratis, dan sudah mendukung lintas platform, jadi tidak ada masalah jika kamu menggunakan komputer bersistem operasi Windows, OSX atau Ubuntu, karena Stencyl sudah mendukung ketiga platform populer tersebut.

Stencyl yang bisa dipakai dengan gratis, memang hanya memiliki kemampuan terbatas, terutama saat kamu hendak mengeksport hasil karya kamu, versi gratisan ini hanya mendukung pembuatan Flash game, dengan file SWF sebagai hasilnya. Dan untuk yang berbayar, kamu bisa membuat game untuk PC, IOS, Android dan lain sebagainya.

Namun tidak usah khawatir kawan, segala fitur didalam Stencyl, tidak banyak berkurang, dan jika kamu butuh untuk pembelajaran dan pembuatan game Flash, versi gratis ini sudah cukup mumpuni untuk dipakai, meski nantinya setiap game yang kamu buat akan memuat layar muat berlogo Stencyl, dan itu bukan masalah yang besar, karena banyak pengembang game flash yang tetap menggunakan Stencyl gratisan untuk game premium mereka.

Nah, dalam beberapa kesempatan kedepan, saya akan mencoba untuk mempelajari cara membuat game dengan menggunakan jasa Stencyl gratisan ini, jika kamu tertarik untuk mengikuti, itu sangat dipersilahkan, dan mungkin jika kamu punya ilmu yang ingin dibagi, saya dengan sangat senang hati untuk menerimanya.

Untuk mendapatkan Stencyl ini, kamu bisa langsung kunjungi situs resminya, disana kamu bisa mendapatkan Stencyl paling anyar dengan cuma - cuma. Besar file yang harus kamu unduh sekitar 80MB saja. Tapi mungkin kamu diharuskan mengunduh beberapa file atau aplikasi tambahan, jika komputer yang kamu gunakan belum memilikinya, misalnya Java Run time environment, yang mana aplikasi ini juga bisa kamu dapatkan dengan gratis.

Untuk mendapatkan Stencyl, kamu bisa klik disini.
Untuk mendapatkan Java (jika dibutuhkan) kamu bisa dapatkan disini.

Nantikan artikel selanjutnya tentang perkenalan dengan Stencyl dan langkah - langkah dasar dalam pembuatan game dengan Stencyl pada kesempatan mendatang.

Demikian sedikit ulasan mengenai Stencyl, aplikasi pembuat game flash gratis, selamat mencoba dan sampai jumpa! /bye

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan menulis komentar, saran, kritik dan masukan dengan sopan, seperti pepatah yang tertulis di pintu angkot: "Anda sopan, kami segan" :)